Jakarta, CNN Indonesia

Komandan Koramil (Danramil) 1703-04/Aradide Letda Inf Oktovianus Sogarlay (OS) meninggal akibat aksi penyerangan dan penembakan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Penyerangan dan penembakan terjadi di daerah Pasir Putih, Distrik Aradide, Kabupaten Paniai, Papua Tengah pada Kamis (11/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Para pelaku penyerangan dan penembakan ini adalah gerombolan OPM,” kata Kapendam XVII/Cendrawasih Letkol Inf Candra Kurniawan dalam keterangannya, Jumat (12/4).

Kronologi bermula pada Rabu (10/4) sore, OS keluar dari Makoramil 1703-4/Aradide. Namun hingga Kamis (11/4) ia tidak kunjung kembali.

Pencarian kemudian dilakukan dan OS ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa akibat serangan dan tembakan. Selain tembakan, hasilĀ autopsi menunjukkan korban juga diparang pada bagian kepala serta tangan.

Chandra menyebut, pelaku penyerangan diduga adalah OPM Kodap XIII yang dipimpin Matias Gobay. Chandra mengatakan Oktavianus dalam kondisi tidak berbekal senjata api saat keluar dari markas Koramil 1703-4/Aradide.

“Memang benar ada dugaan pelaku penembakan yang menyebabkan Danramil Aradide meninggal adalah OPM Kodap XIII yang dipimpin Matias Gobay,” jelas Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Chandra Kurniawan.

“Sedangkan sepeda motor yang dibawa korban saat kejadian dan merupakan inventaris TNI-AD dinyatakan hilang, anggota masih melakukan pencarian,” kata Chandra.

Sementara itu, Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar menyebut penyerangan dan penembakan OPM tersebut adalah pelanggaran HAM berat.

“Bahwa aksi keji OPM ini telah mencederai upaya untuk menciptakan perdamaian dan kedamaian serta percepatan pembangunan di tanah Papua,” kata Nugraha.

Nugraha menyebut setelah jenazah dievakuasi ke RSUD Paniai, mendiang akan disemayamkan di rumah keluarga almarhum.

Nugraha menyebut situasi di wilayah Paniai terpantau kondusif. Ia juga menyampaikan saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap OPM yang telah menewaskan Danramil 1703-04/Aradide.

“Aparat keamanan TNI-Polri melakukan pengejaran terhadap OPM pelaku biadab ini,” ucap Nugraha.

(els/end)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *