Surabaya, CNN Indonesia

PuncakĀ arus balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Tanjung PerakĀ Surabaya diprediksi terjadi besok, Selasa (16/4). Sedikitnya 12 ribu orang bakal berangkat dari sana usai masa liburan Idulfitri 1445 Hijrian berakhir.

General Manager Gapura Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Dhany Rahmat Agustian mengatakan prediksi peningkatan penumpang merujuk pada puncak arus mudik yang mencapai 14.500 orang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kemungkinan lebih tinggi, soalnya lihat arus mudik kemarin cukup rekor baru bagi kami, 14.500-an orang. Jadi rata-rata untuk arus balik itu di angka 12.000-an” kata Dhany saat dikonfirmasi, Senin (15/4).

Sejumlah hal disebut akan menjadi perhatian otoritas pelabuhan untuk menyambut arus balik 2024, salah satunya adalah penumpukan parkir kendaraan.

Dhany menjelaskan hal tersebut diperlukan karena akan banyak pula kendaraan pribadi maupun travel yang mengantar pemudik menuju pelabuhan seiring dengan puncak arus balik.

[Gambas:Video CNN]

“Nanti kami coba atur dengan pola-pola bersama Satlantas Polres KP3 (Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya),” ujar dia.

Sementara itu, Dhany menyebut daerah yang paling banyak dituju pemudik melalui pelabuhan adalah Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kemudian, demi menunjang kebutuhan arus balik, otoritas pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bakal berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran untuk mengoptimalkan 37 kapal supaya siap beroperasi.

“Jumlah kapal masih sama dengan masa H-15, 37 kapal akan kami optimalkan semuanya, terutama ketersediaan tempat tidur sama tempat duduk,” ia menjelaskan.

(frd/chri)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *